TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENDAFTARAN HALAL ONLINE PADA UMKM
Abstract
Halal tidak hanya sekedar pemenuhan kebutuhan dan kepatuhan umat muslim terhadap syariah akan tetapi sudah menjadi salah satu standar prioritas yang diakui dunia. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dunia sebesar 237,53 juta jiwa atau 86,9% menempati posisi pertama sebagai negara konsumen halal terbesar dunia. Oleh sebab itu penting dilakukan penlitian untuk mengetahui kepuasan masyarakat khususnya UMKM terhadap sertifikat halal online di kabupaten Cilacap guna merumuskan suatu srategi yang tepat bagi pemerintah, pelaku usaha, dan para stakeholders dalam mengembangkan industri halal di Indonesia menuju halal global. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas pengaruh Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Halal Online Pada Umkm di Cilacap. Metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi langsung dan wawancara langsung kepada UMKM di Cilacap. Responden merupakan UMKM yang berjualan di Cilacap. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dan analisis data menggunakan analisis kuantitatif regresi linear berganda dengan perangkat lunak statistik. Hasil menunjukan bahwa kepuasan masyarakat terhadap pendaftaran halal online berpegaruh signifikan